Rabu, 20 Januari 2010

Karya Tulis Ilmiah

Memenuhi permintaan pembaca, berikut ini akan diuraikan teknik penulisan karya tulis ilmiah atau disingkat karya ilmiah. Mengingat begitu luasnya pembahasan tentang karya tulis ilmiah secara lengkap, maka pembahasannya akan dilakukan secara bertahap. Jika ada pembaca yang menghendaki pembahasan dengan topik tertentu, akan diprioritaskan.

Berikut ini sekedar pengantar untuk memasuki pembahasan tentang karya ilmiah.

Karya ilmiah adalah suatu karya tulis yang mengandung hal-hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pengetahuan rasional, sesuai dengan bidang yang ditulis, dengan menggunakan tata aturan penulisan yang sudah ditentukan.

Karya ilmiah yang baik memiliki ciri-ciri sbb.:
- objektif;
- sistematis;
- logis; dan
- menggunakan bahasa baku.

Objektif artinya bersifat jujur dan tidak memihak. Fakta-fakta dikemukakan apa adanya, tanpa ditambah atau dikurangi. Penilaian terhadap fakta tidak didasarkan pada sikap suka atau tidak suka, tidak menurut selera pribadi, juga tidak dengan sikap memihak pihak tertentu.

Sistematis artinya gagasan-gagasannya tersusun secara baik, runtut, dan tidak berulang-ulang. Oleh karena itu, sebuah karya ilmiah harus mengikuti sistematika penulisan yang sudah berlaku.

Logis artinya pola penalaran dan pengambilan kesimpulan dapat diterima oleh akal sehat. Antara satu gagasan dengan gagasan yang lain memiliki hubungan yang jelas, misalnya hubungan sebab akibat, hubungan penambahan, atau hubungan perbandingan.

Bahasa baku adalah bahasa yang memenuhi kaidah bahasa yang benar dan bercorak tulis. Harus dihindari penggunaan kata atau istilah yang tidak baku atau beragam lisan.

Demikian tulisan yang singkat ini, akan segera disusul dengan tulisan yang lebih mendalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar